Sapi madura

Sapi madura

Setelah artikel sebelumnya saya menulis tentang Sapi Bali, sekarang saya coba menjelaskan secara singkat tentang sapi madura yang merupakan salah satu sapi lokal di Indonesia.

Asal-usul
Sapi madura merupakan hasil persilangan antara Bos sondaicus dan Bos indicus. Daerah atau lokasi penyebaran yang terutama adalah pulau Madura dan Jawa Timur. Di Madura sapi tersebut diternakkan secara murni.

Tipe
Sapi madura termasuk tipe pedaging dan kerja.

Ciri-ciri yang dimiliki
Ciri-ciri yang dimiliki bangsa sapi madura sebagai salah satu kelompok bangsa sapi tropis pada dasarnya seperti sapi bali. Namun, sapi ini memiliki ciri khas yang menonjol sehingga dengan mudah bisa dibedakan dengan bangsa sapi yang lain, khususunya sapi bali.

Baik jantan maupun betina sapi madura berwarna merah bata dan hampir tak ada bedanya antara kedua jenis kelamin tersebut. Paha bagian belakang berwarna putih, sedangkan kaki depan berwarna merah muda. Tanduk pendek dan beragam ada yang melengkung seperti bulan sabit dan ada pula yang tumbuh agak kesamping dan keatas. Tanduk pada betina kecil dan pendek. Panjangnya kurang lebih 10 cm, jantan 15 – 20 cm. Panjang badan mirip sapi bali, tetapi berponok kecil. Berat badan 350 kg. Tinggi badan kira-kira 118 cm. Hasil karkas sapi madura 48%.

Gambar: Sapi Madura





Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top