Sistem Penggemukan Sapi Potong

Sistem Penggemukan Sapi Potong

Kita telah mengenal berbagai macam cara atau sistem penggemukan sapi potong. Sehingga setiap peternak disuatu daerah atau negara selalu menerapkan teknologi penggemukan yang satu sama lain berbeda. Namun, diantara mereka, walaupung menggunakan teknik apapun, masing-masing secara umum pasti ada kesamaan dalam hal pemberian pakan. Semua sapi yang digemukkan pasti diberi pakan yang baik dan dalam jumlah yang memadai. Sedangkan perbedaannya terletak pada kebiasaan beternak, penguasaan ilmu dan keterampilan, fasilitas dan sebagainya.



Sehubungan dengan sistem penggemukan ini, di Indonesia ada beragam cara dan sistem penggemukan yang pada umumnya masih bersifa tradisional. Seperti sistem kereman di Boyolali dan Wonosobo, Pacitan, Lamongan, Sibreh di Aceh, dan masih ada sistem penggemukan di Madura, Krawang, dan masih banyak lagi. Sedangkan di luar negeri dikenal sistem penggemukan dry lot fattening, pasture-fa-tening, dan gabungan antara kedua sistem tersebut.

Sistem kereman
Pakan yang diberikan adalah rumput dan pakan penguat yang terdiri dari campuran dedak dan ubi kayu yang dilumatkan atau direndam dalam air mendidih. Jumlah pakan penguat diberikan sebanyak 3 kg/ ekor/ hari.

Sistem penggemukan dry lot fattening
Penggemukan sistem dry lot fattening merupakan salah satu cara penggemukan yang mengutamakan pemberian pakan berupa biji-bijian, seperti katul, jagung, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah dan sebagainya. Jadi, dari produksi sampai pemasaran, ia memperoleh bahan pakan secara penuh dari biji-bijian, sedangkan pakan hijauan dalam jumlah yang sangat terbatas.

Sistem penggemukan pasture-fattening
Pada sistem penggemukan ini, sapi-sapi digembalakan di suatu lapangan pengembalaan yang luas. Disini, lapangan pengembalaan merupakan sumber penyediaan pakan utama hijauan. Padang pengembalaan bisa terdiri dari rumput seluruhnya atau leguminose saja. Ataupun campuran antara rumput dengan legiminose. Akan tetapi, padang pengembalaan yang baik adalah yang terdiri atas campuran antara rumput dan leguninose sehingga lebih ekonomis dan murah.



Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top